DUA GURU MAN 3 MALANG TERPILIH MENJADI DUTA INDONESIA DALAM PROGRAM BRIDGE 2011 KE AUSTRALIA


Kota Malang, 19/4 (MAN 3) Beberapa saat yang lalu, dua guru dari Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang barusan pulang dari mengikuti program BRIDGE 2011 selama sebulan ke Australia. Kedua guru yang telah terpilih melalui seleksi yang sangat ketat tersebut adalah Ahmad Thohir Yoga, M.Pd, M.Ed, dan Ali Mukti, M.Pd.
BRIDGE (Building Relationship Through Intercultural Dialogue and Growing Engagement) adalah program kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Australia dalam bidang pendidikan yang tahun ini telah memasuki angkatan ke IV. Program ini dilaksanakan oleh Asia Education Foundation (AEF) dan The Myers Foundation yang keduanya bermarkas di Melbourne dengan didukung sepenuhnya oleh Australian Embassy. Tujuan programBRIDGE adalah meningkatkan pengetahuan dan saling pengertian antara warga Australia dan Indonesia melalui kemitraan sekolah-sekolah di Indonesia dan di Australia yang menghubungan guru-guru dan siswa-siswa di kedua sekolah mitra.
Angkatan ke IV program BRIDGE ini menjadi sangat istimewa karena seluruh guru yang terpilih berasal dari lingkungan Kementerian Agama. Selain MAN 3 Malang, ada dua Madrasah lain di Jawa Timur yang juga terpilih (MI Miftahul Ulum Kota Batu dan MTsN 2 Kota Kediri).
Dalam kegiatan selama sebulan tersebut, Mr. Yoga dan Mr Ali (demikian kedua guru tersebut biasa dipanggil) menjadi guru tamu di Aquinas College, Gold Coast-Queensland yang merupakan sekolah mitra (sister school) dari MAN 3 Malang. Selama bertugas menjadi guru tamu tersebut, keduanya harus mampu menjelaskan dan mengajarkan tentang keanekaragaman budaya Indonesia yang meliputi makanan, kesenian, sistem pendidikan, bahasa Indonesia, adat istiadat, gaya hidup, dan sebagainya. Selain itu juga menjelaskan tentang Islam di Indonesia.
Follow up sementara dari kegiatan kunjungan ke Australia tersebut akan berupa kolaborasi pembelajaran secara online antara ke dua sekolah melalui Wikispaces. Selanjutnya akan diadakan penandatangan MoU pertukaran guru dan siswa kedua lembaga ketika rombongan dari Aquinas College akan berkunjung ke MAN 3 Malang yang direncanakan bulan September 2011.
Hoping for a better partnership. (yoga)
Diupload oleh MAN 3 Malang (-) dalam kategori Kankemenag Kota Malang pada tanggal 19-04-2011 00:00

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More